Cara menjaga kebugaran jasmani

   Menjaga kebugaran jasmani adalah suatu hal penting yang harus kita lakukan, agar tubuh kita bisa kebal dari serangan berbagai macam penyakit. Kebugaran jasmani itu sendiri merupakan kemampuan dari tubuh dalam melakukan aktifitas/kegiatan tanpa mengalami kelelahan. Menjaga kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara teratur. Kegiatan ini dapat dilakukan di tempat olahraga, dilapangan dan juga bisa dilakukan dirumah.

Kebugaran jasmani

  Ada 3 hal penting dalam menjaga kebugaran jasmani yaitunya :
  • Menjaga kebugaran fisik (berhubungan dengan tulang dan otot).
  • Menjaga kebugaran peranan organ (berhubungan dengan jantung, pernapasan, dan aliran darah).
  • menjaga kebugaran response otot  (berhubungan dengan otot-otot halus dan otot rangka)

Unsur-Unsur dari kebugaran jasmani adalah sebagai berikut:

1. Kecepatan (Speed)
   Unsur-unsur dari kebugaran jasmani yang pertama yaitu kecepatan (speed), dapat diartikan suatu kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan dengan cepat dan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih kecepatan gerakan seseorang.

Kecepatan lari

Kegiatan unsur-unsur dari kebugaran jasmani untuk kecepatan adalah:
  • Lari cepat dengan jarak 40 meter sampai 60 meter.
  • Lari dengan mengubah kecepatan yang awalnya lambat lama kelaman akan cepat.
  • Lari naik dan menurun bukit.

2. Kecepatan reaksi

Kecepatan reaksi


  Unsur-unsur dari kebugaran jasmani yang kedua adalah kecepatan reaksi. Tujuan dari unsur-unsur kebugaran jasmani kecepatan reaksi ini adalah untuk mengukur seberapa cepat response kinetik dari tubuh kita setelah menerima perintah atau rangsangan atau melatih kelincahan kita dalam melakukan suatu gerakan.

3. Daya ledak (Power)
   Unsur-unsur kebugaran jasmani yang ketiga adalah daya ledak atau power, merupakan kegiatan untuk memaksimalkan kerja dari tubuh untuk melakukan pekerjaan secara maksimal.

Latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani daya ledak (power) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : 
  • Melompat dengan dua kaki.
  • Melompat dengan satu kaki secara bergantian.
  • Lompat jongkok.

4. Kekuatan Otot
   Unsur-unsur kebugaran jasmani yang ke empat adalah kekuatan otot, merupakan tenaga, kekuatan yang dapat dihasilkan oleh otot pada suatu kontraksi dengan beban maksimal.
   

   Contoh dari latihan kekuatan otot yaitu dengan cara melakukan push up dan pull up. Selain itu cara sederhana seperti mengangkat benda dengan berat sedang secara berulang-ulang juga dapat melaih kekuatan otot kita.

   Sebenarnya masih banyak lagi unsur-unsur dari kebugaran jasmani ini, khusu pada tulisan kali ini kami hanya menuliskan beberapa point saja dari unsur-unsur kebugaran jasmani, smoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon