Penyakit mata dan obat penyakit mata/cara pencegahanya

   Mata adalah salah satu alat panca indra manusia yang sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia yang diberikan oleh sang Pencipta. Kenapa tidak ? tanpa mata manusia akan sulit untuk melihat indahnya dunia, dan melihat kondisi lingkungan disekitarnya. Penyakit mata itu ada yang menular dan adapula yang tidak menular. Penyakit mata yang menular biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri sedangkan penyakit mata yang tidak meular biasanya disebabkan karena alergi.

Berikut macam-macam penyakit mata dan cara penegahannya atau mengobatinya :

1. Penyakit mata miopi/rabun jauh

Penyakit mata miopi

   Penyakit mata miopi atau rabun jauh adalah penyakit mata yang tidak dapat melihat benda/objek dari jarak jauh. Penyakit mata miopi ini dikarenakan ada kerusakan refratif mata sehingga citra yang dihasilkan berada didepan retina mata saat diakomodasi dalam keadaan santai. Penyakit mata miopi ini sering terjadi pada pelajar karena sering membaca tanpa ada jeda untuk waktu istirahat, selain itu faktor usia,gizi buruk mata, keturunan, dll juga bisa menjadi penyebab penyakit mata miopi atau rabun jauh.

Cara pencegahan atau pengobatan penyakit mata rabun jauh :

   Agar kita bisa terhindar dari penyakit mata miopi/rabun jauh sisakanlah waktu jeda untuk istirahat khususnya istirahat mata saat membaca atau menggunakan komputer. Perbanyaklah memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin A seperti alpukat, brokoli, wartel, dan sayur bayam karena vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Pengobatan untuk penyakit mata miopi/rabun jauh bisa dilakukan dengan cara memakai kecamata berlensa sferis negatif atau kecamata berlensa cekung, implansi lensa buatan dan melakukan operasi dengan laser.

2. Penyakit mata hipermetropi/rabun dekat

Hipermetropi

   Penyakit mata hipermetropi/rabun dekat adalah penyakit mata yang tidak dapat melihat benda/objek dekat dengan jelas atau buram. Penyakit mata hipermetropi ini dikarenakan cahaya yang masuk pada mata terfocus dibelakang retina. Penyakit mata hipermetropi ini sering terjadi pada orang dewasa 40 tahun keatas karena faktor usia, selain itu faktor gen, tumor disekitar mata, dibetes, dll juga bisa berperan dalam penebab penyakit mata hipermetropi/rabun jauh.

Cara pencegahan/pengobatan penyakit mata rabun dekat :

   Agar kita bisa terhindar dari penyakit mata hipermetropi/rabun dekat sisakanlah waktu jeda untuk istirahat khususnya istirahat mata saat membaca atau menggunakan komputer. Perbanyaklah memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin A seperti alpukat, brokoli, wartel, dan sayur bayam karena vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Pengobatan untuk penyakit mata hipermetropi/rabun dekat bisa dilakukan dengan cara memakai kecamata berlensa berlensa cembung, implansi lensa buatan dan melakukan operasi dengan laser. Kecamata merupakan solusi yang paling banyak digunakan karena harganya yang murah dan nyaman dipakai.

3. Penyakit mata katarak/manula

katarak

   Penyakit mata katarak atau maula adalah penyakit mata yangterdapat bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening sehingga mengaburkan penglihtan. Penyakit mata katarak/manula ini biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia.

Cara pencegahan/pengobatan penyakit mata rabun dekat :

   Agar kita bisa terhindar dari penyakit mata katarak/manula aturlah pola makan yang sehat, vitamin yang cukup, menjauhi meminum minuman yang mengandung alkohol (minuman keras), tidak merokokmemakan sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, dll. Pengobatan untuk penyakit mata katarak/manula bisa dilakukan dengan cara memakai kecamata, akan tetapi salah satu alternatif pengobatan yang paling efektif adalah melakukan operasi pengangkatan lensa mata yang keruh dan diganti dengan lensa plastik bening.


First

3 comments

Ane sendiri adalah penderita minus gan. Makasih atas bantuannya agar penyakit ini sedikit berkurang

Jadi bisa lebih hati2 Mencegah sakit mata :D

bang ad solusi pencegah kebugaran mata g? by dedi mekanikmitsubishi


EmoticonEmoticon